Header Ads

Produk Banjarbanggi Tembus Belanda dan Perancis

Ilustrasi Pohon Natal dari Kayu Jati.

Pohon Natal tak bisa dilepaskan dari perayaan Natal. Bagi warga Desa Banjarbanggi, Kecamatan Pitu, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, pohon Natal tak harus cemara dan mereka membuatnya dari serpihan akar pohon jati yang justru awalnya tak memiliki nilai jual.

Hal tersebut dilihat di galeri milik Somo Midi di desa itu. Sebanyak 15 perajin berpacu dengan waktu untuk menyelesaikan order pohon Natal dari limbah kayu jati yang kini mengalami peningkatan 100 persen.

Kepingan akar yang semula hanya teronggok di hutan dikumpulkan dan dipilih untuk mendapatkan tekstur seperti kelopak pohon cemara. Selanjutnya, satu persatu dirangkai disepanjang balok kayu menjadi sedemikian rupa hingga mengerucut keatas menyerupai pohon cemara.

Proses penghalusan dan penyusunan pangkal pohon dilakukan sebagai proses finishing sebelum dikirm ke agen yang menyalurkan ke beberapa wilayah kota di Indonesia dan diekspor ke Belanda dan Perancis.

Somo Midi mengatakan pesanan pohon Natal dari limbah kayu akar jati ini sangat diminati oleh para agen dari Eropa karena memiliki tekstur dan keindahan yang berbeda dari pucuk cemara yang sering digunakan untuk perayaan Natal. Seiring waktu, hal ini terus mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat.

Berbagi Sumber.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.